Recherche
×

S'inscrire

Use your Facebook account for quick registration

OR

Create a Shvoong account from scratch

Already a Member? S'identifier!
×

S'identifier

Sign in using your Facebook account

OR

Not a Member? S'inscrire!
×

S'inscrire

Use your Facebook account for quick registration

OR

S'identifier

Sign in using your Facebook account

Manajemen Komunikasi

par: Shvoongq     Auteur(s): Tommy Suprapto
ª
 
  • Manajemen komunikasi merupakan salah satu penerapan kegiatan manajemen dalam komunikasi yang menjadi bagian dari penggerak aktivitas komunikasi guna mencapai tujuan komunikasi. Dalam mencapai tujuan komunikasi yang efektif, maka fungsi-fungsi manajemen diaplikasikan dan disesuaikan dengan unsur-unsur komunikasi. Adapun perpaduan tersebut terlihat dari fungsi manajemen (henry fayol) dengan pendekatan model komunikasi matematik (Sahannon & Weaver). Di dalam manajamen terdapat manajer dan di dalam ilmu komunikasi dikenal dengan istilah manajer komunikasi. Menurut Mintzberg bahwa manajer komunikasi memiliki tiga peran utama, yaitu:

    1. Peran interpersonal (interpersonal roles), menyangkut interaksi dengan pihak dalam atau pihak luar.
    2. Peran Informasional (informational roles), menyangkut pemberian, penerimaan, dan penganalisisan informasi
    3. Peran Pengambilan Keputusan (dcisional roles), menyangkut pemanfaatan informasi dalam membuat keputusan penting bagi pemcahan masalah.
  • Robert L. Katz menggolongkan keterampilan dasar manajer komunikasi ke dalam tiga kategori, yaitu:

    • Keterampilan Teknis (technical skill), menyangkut kemmampuan khusus untuk melakukan tugas dalam memilih, mengolah, menyajikan pesan, menggunakan media tepat dan mempertimbangkan efek yang akan timbul dari kegiatan komunikasi.
    • Keterampilan Kemanusiaan (human skill), menyangkut kemampuan bekerjasama dengan orang lain dengan menunjukkan rasa percaya diri, antusiasme, keterlibatan secara tulus.
    • Keterampilan Konseptual, yaitu kemampuan untuk membuat konsep serta mengaplikasikan konsep tersebut.
    Hasil produk manajemen komunikasi, secara nyata dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari pada kegiatan juranalistik dimana para wartawan, redaktur dan lembaga media membuat berita dan menyajikan berita kepada masyarakat. Oleh karena itu berita yang disajikan merupakan hasil karya jurnalistik yang mengandung nilai berita karena aktual dan faktual memuat informasi kejadian atau persitiwa yang dianggap penting. Selain itu produk manajamemen komunikasi dapat dilihat dalam bidang Humas, atau Public Relations yaitu suatu kegiatan bagi seseorang dalam tempat ia bekerja yang menghadapi situasi sehari-hari berhadapan dengan orang atau lembaga lain melakukan kegiatan komunikasi demi kepentingan lembaganya. Kegiatan yang menilai sikap publik mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi dengan kepentingan publik serta merencanakan dan melakukan sutau program kegiatan untuk mencapai pengertian dan dukungan publik.
    Publié le : 28 octobre, 2011   
    Veuillez noter ce Revue : 1 2 3 4 5
    Commentaire Traduire Envoyer Link Imprimer

    New on Shvoong!

    Top Websites Reviews

    X

    .